fbpx

Konsumsi Minuman Fiber Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit atau Konstipasi merupakan frekuensi buang air besar yang lebih sedikit dari pada umumnya. Dimana pada umumnya buang air besar biasanya lebih dari 3 kali dalam seminggu. Memang setiap orang berbeda-beda, namun jika frekuensi baung air besar anda kurang dari 3 kali dalam seminggu, maka anda sedang mengalami sembelit. Sembelit akan menyebabkan kotoran anda kering dan keras, sehingga lebih sulit untuk dikeluarkan. Dalam sistem penceranaan manusia, buang air besar adalah tahap terakhir dari proses pencernaan. Berawal dari makanan yang kita makan masuk kedalam tubuh kita melalui lambung, usus kecil, lalu usus besar. Setelah itu jika kadar air dan nutrisi sudah cukup untuk diserap oleh usus, sisa makanan tersebut akan dikeluarkan melalui anus sebagai kotoran/tinja.

minuman fiber untuk sembelit

Konstipasi terjadi jika kotaran atau tinja bergerak terlalu lamban dalam sistem pencernaan dan lebih sulit dikeluarkan dari rectum, hal ini dapat mengakibatkan tinja menjadi lebih keras dan kering. Selain itu jika anda sedang mengalami sembelit perut akan terasa kembung dan tidak nyaman.

Adapun faktor penyebab sembelit lainnya menurut alodok.com yuk disimak !

1. Pola makan yang buruk karena kurang mengkonsumsi serat dan tidak meminum air putih yang cukup.
2. Kurang nya olahraga menyebabkan tubuh jarang bergerak aktif.
3. Penyakit pada usus, seperti fisura ani, penyumbatan usus, dan kenker rectum.
4. Gangguan saraf, jika terjadi gangguan pada saraf akan mengkibatkan hambatan pergerakan tinja melalui usus.
5. Gangguan pada otot yang menggerakan usus.

Setiap orang pasti sudah merasakan bagaimana rasanya sembelit atau konstipasi, perlu dikertahui bahwa konstripasi bukan kondisi yang serius dan dapat kita atasi. Lalu apa saja pilihan pengobatan untuk mengatasi masalah sembelit?

1. Olahraga
Gerakan usus yang melambat disebabkan karena kurangnya berolahraga, agar gerakan usus kembali normal anda harus ruit berolah raga minimal 15 menit dalam sehari. Jika anda tidak suka olahraga yang extreme, cobalah untuk berjalan kaki atau berlali kecil disekitaran rumah anda.

2. Minum Air Putih Lebih Banyak
Cobalah untuk minum air minimal 2,5 liter per hari, karena agar kotoran/tinja dapat dikeluarkan anda harus meningkat kan asupan air harian anda.

3. Konsumsi Makanan Berserat
Jika anda terbiasa makan dengan lauk tanpa sayur, cobalah untuk menambahkan sayuran seperti mentimun, kol, bayam, atau kangkung. Karena kurangnya makan makanan berserat dapat menyebabkan konstipasi.
Lalu anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan sebagai cemilan anda diwaktu senggang. Namun jika anda tidak menyukai buah ataupun sayur anda dapat mengubahnya menjadi jus.

4. Minum Obat Konstipasi
Konsumsi obat Konstipasi adalah alternative jika 3 hal sederhana diatas tidak berpengaruh terhadap masalah pencernaan anda. Berikut beberapa obat pencahar atau laksatif dilansir dari hellosehat.com :

• (Laksatif Osmotik) yang mengaandung lakstulosa, magnesium sitrat ata Fteel Enema.
• (Lubrikan) obat ini berisi mineral yang dapat lebih muda membantu feses anda melewati usus besar.
• (Pelunak Feses) obat ini membantu anda melunakan kotaran/tinja anda.
• (Suplemen Serat) Suplemen serat yang mengandung Psyillium dan Metilselulosa seperti Metamucil, Konsyl, Fibercon, dan Citrucel dapat membantu melancarkan buang air besar.

Itulah beberapa cara pilih yang dapat anda lakukan dirumah jika anda sedang mengalami sembelit, namun jika selama kurang lebih tiga minggu tidak merasakan perubahan anda dapat menghubungi dan berkonsultasi kepada dokter untuk dimintai tindakan lebih lanjut.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu cara untuk mengatasi sembelit dengan minum suplemen serat. Selain suplemen yang mengandung serat, minuman yang mengandung serat juga ada loh seperti minuman fiber, minuman ini dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah sembelit anda. Karena minuman fiber juga mengandung serat yang tinggi dan juga memiliki bahan alami lainnya seperti buah-buahan. Minuman fiber saat ini sudah banyak di konsumsi oleh banyak orang, karena minuman ini dapat melancarkan pergerakan usus. Saat ini anda dapat menemukan minuman fiber dimana saja dan kapan saja, beragam nama produk yang memiliki bahan-bahan alami yang aman salah satunya Fitox.

minuman fiber untuk sembelit

Fitox adalah minuman fiber yang memiliki berbagai macam manfaat untuk anda, mulai dari mendetox racun dalam tubuh, melangsingkan badan, hingga mencegah terjadinya Konstipasi atau sembelit. Salah satu bahan alami Fitox yang dapat melancarkan buang air besar adalah Psyillium Husk dan Inulin. Psyillium Husk yang mengandung serat tinggi dapat menjaga kadar kolestrol serta mencegah diare dalam tubuh, sedangka Inulin mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan kesehatan bakteri baik penceranan dan mencegah konstipasi. Selain itu Fitox memiliki bahan alami lainnya seperti Ekstrak Blackcurrant dan Lemon, selain menjadi pemanis rasa untuk minuman ini, buah ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Lemon yang kaya akan Vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan metabolisme, sedangkan Blackcurrant mengandung gamma-linolenic (GLA) yang kaya akan manfaat antioksidan.

Bagaimana dengan kelayakan pemakaian Fitox? Anda jangan khawatir atau ragu, karena fitox sudah tersetifikasi kelayakannya oleh BPOM, jadi akan aman di konsumsi tanpa efek samping apapun. Fitox adalah minuman fiber yang mengandung bahan yang memiliki kebutuhan serat harian pada tubuh, semuanya sudah terkandung pada satu minuman sachet ini. Fitox adalah solusis pilihan anda untuk mengatasi masalah pencernaan anda seperti konstiptasi atau sembelit, dengan cara meminum secara rutin 2x dalam sehari, anda akan rasakan manfaatnya.

Leave a Comment

Need Help? Chat with us